Hari Ini:

Sabtu 13 Jul 2024

Jam Buka Toko:

08:00-17:00

Telpon:

082322924990

SMS/Whatsapp:

082322924990

Email:

admin@tokopertanianorganik.com

Anda dapat menambahkan widget disini

Pembayaran Melalui

Rek : 4230230728
An. Yudhi Sutrisna Adi N
Rek : 1390016283149
An. Yudhi Sutrisna Adi N
Rek : 672501013664534
An. Yudhi Sutrisna Adi N

Seberapa Penting Tricoderma untuk Tanaman ???

10 Juli 2024 - Kategori Blog

Trichoderma adalah genus fungi yang dikenal memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Beberapa manfaat utama Trichoderma untuk tanaman adalah:

  1. Biokontrol Patogen: Trichoderma dapat berfungsi sebagai agen biokontrol yang efektif terhadap berbagai patogen tanaman, termasuk jamur patogen. Trichoderma bersaing dengan patogen untuk mendapatkan ruang dan nutrisi, serta menghasilkan enzim dan senyawa kimia yang dapat menghambat pertumbuhan patogen.
  2. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman: Trichoderma menghasilkan hormon pertumbuhan tanaman seperti auxin dan gibberellin yang dapat merangsang pertumbuhan akar dan tunas, sehingga tanaman menjadi lebih sehat dan produktif.
  3. Memperbaiki Struktur Tanah: Trichoderma dapat membantu memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan ketersediaan nutrisi dan memperbaiki aerasi tanah. Ini membantu akar tanaman untuk lebih mudah menyerap nutrisi dan air.
  4. Induksi Ketahanan Tanaman: Trichoderma dapat menginduksi sistem ketahanan tanaman terhadap berbagai stres biotik dan abiotik. Ini termasuk ketahanan terhadap penyakit, serangan hama, dan kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan seperti kekeringan atau salinitas tinggi.
  5. Degradasi Bahan Organik: Trichoderma memiliki kemampuan untuk mendegradasi bahan organik dalam tanah, sehingga membantu dalam proses dekomposisi dan meningkatkan kesuburan tanah.

Dengan semua manfaat ini, Trichoderma sering digunakan dalam praktik pertanian berkelanjutan sebagai biofungisida dan biofertilizer untuk mendukung kesehatan tanaman dan produktivitas lahan pertanian.

 

GMN TRICHODERMA
■ MANFAAT GMN TRICHODERMA
Komposisi TRICHODERMA menghasilkan toksin gliotoksin, Trichodermin, Enzime Itinase dan Beta 1,3- Glukonase yang dapat menekan pertumbuhan patogen tular tanah (cendawan yang dapat menyebabkan tanaman menjadi sakit) seperti penyakit layu oleh Fusarium SP maupun Pseudomonas sp,Phytium sp, Sclerotium sp, Rhizoctania sp, Jamur Upas, Diplodia, Busuk akar/Buah, Antracnosa, embun tepung, dll.

GMN TRICHODERMA mengandung mikroorganisme saprofit tanah yang dapat menguraikan bahan organik seperti karbohidrat (terutama selulosa) dengan bantuan enzim pengurai Cl ,Cx dan Slubiose.
TRICHOOERMA efektif pada tanah masam. pada PH netral, perkecambahan propagulnya terhambat dan bahkan tidak berkecambah pada kondisi basa.
Pemakaian GMN TRICHODERMA antara lain pada tanaman PADI, Jagung, Kedelai dll
Semusim: Sayuran, Cabe, Tomat, Melon, Semangka,Kentang, kobis, dll
Tahunan: Kakao, Kelapa Sawit, Duku, Kelengkeng, Durian, Rambutan dll

KOMPOSISI GMN TRICHODERMA
Trichoderma sp : 5.00 x 10pangkat5 CFU/g

Kontak :
Admin CS
WA/ Telp 0823-2292-4990
WA/ Telp 085-600-621-900

Terimkasih

#trichodermauntukcabe
#trichodermauntukbawangmerah
#trichodermauntukkelapasawit
#trichodermauntukpadi
#trichodermauntuktanamancabe
#trichodermauntuktomat
#trichodermauntukhidroponik
#trichodermauntuktanah

, , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp